Kegiatan FGD yang dilangsungkan diRuang Rapat Bappelitbangd lantai II ini dihadiri oleh sejumlah OPD teknis, Bank Indonesia (Agregator) Kesultanan Ternate, Ikatan Keluarga Disabilitas Makugawene (IKDM) Kota Ternate, Ternate Creative Space, Zandry Aldrin Tuhepaly, Tenaga Ahli Ekonomi Kreatif.
Kemudian, Nurjannah Owner Mayana Ecoprint/Pelaku Kreatif Pemberdayaan Wanita, H. Ismit Alkatiri, Pelaku Media, Rinto Taib, Sejarawan dan Budayawan, Abdul Kadir D. Arif, IAGI/Akademisi, Dr. Maulana Malik Ibrahim, Akademisi Unky, Kris Samsudin, Cengkeh Afo Gamalama Space/ Pelaku Gastronomi, Sulastri, Owner Tanawan Home Industri/Pelaku Kreatif Pemberdayaan Perempuan, Burhanudin, Manager Tara No Ate dan Pejabat Struktural Bappelitbangda Kota Ternate
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly mengatakan, City Branding Ternate sebagai Kota Rempah, dari sisi perencanaan yang diperkuat, sehingga bisa eksis dengan tujuan yang terarah yang membutuhkan satu peta jalan.
Menurut Rizal, OPD teknis yang akan melakukan eksekusi program-program dalam city branding. paling tidak ada satu dokumen yang menjadi pemandu untuk menjadi arah tujuan city branding Ternate sebagai Kota Rempah.
Induknya tetap Kota Rempah, yang kemudian membentuk ekosistem perencanaan atau kegiatan, yang akan bermuara pada perencanaan dan pembangunan yang berkesinambungan ujar kepala Bappelitbangda kota Ternate